Tingkatkan Ekonimi Rakyat, Kadin Jatim Komitmen Carikan Pasar Produk UMKM

oleh

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Jawa Timur (Jatim) gelar workshop untuk peningkatan kompetensi pengurus dalam melakukan pembinaan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Basa Alim, Ketua Kadin Provinsi Jawa Timur berharap Kadin memiliki peran aktif dan nyata bagi pembinaan UMKM di Jatim terutama mencarikan pasar penjual produk-produk UMKM.

“Agar para pengurus dan team yang dibentuk khusus membina pelaku UMKM dapat berjalan optimal,  maka dibutuhkan pembekalan kemampuan team, terlebih dalam hal mekanisme pembiayaan permodalan UMKM,” ungkap Basa Alim pada sela-sela Workshop yang digelar di kantor Kadin Jatim, Graha Zabalnur, Jl. Jambangan, Kebon Agung No. 76, Surabaya, Kamis (12/04/2018).

Dalam workshop kali ini, Kadin Jawa Timur mengundang Tedy Aliudin sebagai pembicara. Tedy Aliudin atau akrab disapa Raden Tedi sendiri adalah Ketua Lembaga Pengembangan Usaha di Dewan Pengurus Pusat Kadin Indonesia.

Raden Tedy, dalam workshop kali ini menyampaikan beberapa program Kadin Pusat, diantaranya Program Pertanian Padi Kelapa Terintegrasi, Program Industri Sabut Kelapa dan Program Usaha Sembako Online dengan harga murah. Selain itu, Raden Tedy juga berpesan agar Kadin Jatim membuka jaringan pasar untuk produk-produk yang dihasilkan UMKM.

“Setiap program yang dibuat untuk UMKM agar selalu ada jaminan jaringan pasar atas produk yg dihasilkan,” kata Raden Tedi.

Sementara, Ketua Umum Kadin Indonesia Eddy Ganefo berharap agar Kadin Jawa Timur dapat menjadi pioner didalam pemberdayaan dan pembinaan pelaku UMKM. Ia berharap, Kadin Jatim mampu menyerap secara baik program Kadin Pusat untuk dapat dijalankan di Jawa Timur.

“Kadin Indonesia merupakan mitra strategis dengan pemerintah agar dapat memberikan kontribusi positif dalam dunia usaha terutama UMKM.  Apabila dilapangan ditemukan kendala,  terutama hambatan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,  agat dilaporkan ke saya,  utk dapat ditindak lanjuti di tingkat pusat,” ungkap Eddy Ganefo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *